Analisa lebih detail kondisi Hardisk melalui SMART 


Selamat sore guys, sore ini saya mau share sedikit info tentang hardisk, kebetulan saat ini saya sdang mngalami keganjalan pada hardisk saya, dimana ada peringatan untuk Reallocation Event Count, dan tentu saja ini membebani kepala saya, takutnya ada apa-apa kedepannya nanti, soalnya data didalamnya teramat sangat penting, tapi tenang guys, berikut ada aplikasi yg bisa memberitahukan kondisi/ kesehatan hardisk kita, nama aplikasinya GSmartControl (S.M.A.R.T Technology Berbasis GUI), tapi sebelum itu saya akan jelasin dulu indikator2 dan maksud dari keterangan yg ditampilkan pada aplikasi tersebut, simak ya …

Download GSmartControl Disini (Official Site)

Apa itu S.M.A.R.T?

(Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology atau sering ditulis SMART). SMART merupakan sistem monitoring untuk hardisk yang akan mendeteksi dan memberikan laporan berbagai indikator kondisi hardisk untuk mengantisipasi saat dimana hardisk akan rusak.Untuk melihat informasi SMART, selanjutnya bisa kita pilih tab/bagian “Attributes”. Beberapa kolom penting yang perlu diketahui antara lain:

Berikut penjelasan fitur2 yang ditampilkan pada aplikasi GSmartControl

  1. Name, merupakan deskripsi singkat indikator hardisk
  2. Failed, apakah untuk indikator tersebut pernah mengalami kegagalan
  3. Norm-ed value, nilai indikator untuk keadaan Normal. Nilainya biasanya antara rentang 1-253.
  4. Worst, nilai indikator pada keadaan terburuk. Nilainya biasanya antara rentang 1-253.
  5. Threshold, nilai ambang atau batas. Jika nilai normal dibawah nilai ambang/threshold ini maka mengindikasikan ada masalah disana.
  6. Raw Value, nilai indikator hardisk saat ini, bisa mengindikasikan banyak hal dan terkadang tidak pasti karena vendor hardisk bebas mengisikan sesuai dengan kepentingannya.

Atribut-atribut SMART tersebut sangat bermanfaat untuk melihat kondisi “kesehatan” hardisk. Melalui GSmartControl, kita bisa melihat lebih detail apa maksud indikator tersebut. Arahkan saja mouse ke baris indikator yang bersangkutan, sehingga akan muncul informasi dan penjelasan lebih detail. Bagi yang kesulitan memahami, berikut beberapa penjelasan singkat indikator SMART:

  1. Raw Read Error Rate, mengindikasikan nilai error yang terjadi ketika melakukan pembacaan permukaan hardisk. Nilai Raw yang besar mengindikasikan ada masalah ketika proses pembacaan hardisk/data. Catatan: beberapa hardisk seperti Seagate terkenal dengan nilai Raw yang besar, tetapi itu bukan indikasi adanya masalah.
  2. Throughput Performance, nilai rata-rata efisiensi hardisk.
  3. Spin-up Time, waktu rata-rata “spindle” hardisk (bagian pemutar di tengah tempat menempelnya piringan hardisk/platter) mulai aktif bekerja (dari berhenti sampai aktif sepenuhnya). Biasanya dalam milidetik atau detik.
  4. Start/Stop Count, Banyaknya “spindle” aktif (on). Setiap kali hardisk aktif, maka nilai ini bertambah. Sehingga jika hardisk masih baru, nilai Raw seharusnya kecil.
  5. Reallocated Sector Count, Nilai atau jumlah bagian hardisk yang dialihkan ke sektor lainnya karena bermasalah dengan pembacaan di area tersebut (prosesnya diistilahkan dengan “remapping” dan bagian/sector yang dialihkan disebut “remap”). Semakin tinggi nilai Raw menunjukkan indikasi yang kurang baik, bisa berefek ke performa yang melambat, karena setiap pembacaan sejumlah bagian (sector) itu harus dialihkan ke bagian lain.
  6. Seek Error Rate Nilai yang menunjukkan error posisi pembacaan head pembaca data dengan posisi data sebenarnya. Semakin besar nilainya, menunjukkan kondisi hardisk yang tidak baik
  7. Seek Time Performance, waktu rata-rata operasi pencarian data oleh “magnetic head”. Jika nilai ini berkurang menunjukkan ada masalah di subsistem mekaniknya.
  8. Power in Time (Hours) total waktu dalam jam (bisa jadi menit atau detik tergantung pembuat hardisk) hardisk ini sudah menyala
  9. Spin[-up] Retry Count, Jumlah pengulangan spin ketika akan berjalan/aktif. Pertambahan nilai raw disini bisa mengindikasikan ada masalah dengan subsistem mekanik.
  10. Power Cycle Count, Jumlah total hardisk menyala/mati
  11. Temperature (Celcius), menunjukkan suhu hardisk dalam Celcius
  12. Reallocation Event Count, jumlah proses “remapping” baik berhasil atau tidak
  13. Current Pending Sector Count, jumlah sector (bagian hardisk) yang tidak stabil dan menunggu proses remapping. Jika terjadi proses baca/tulis di sector ini dan berhasil, maka nilai Raw Value akan berkurang dan sebaliknya jika proses baca/tulis gagal, maka nilainya bertambah dan ini bisa menjadi cikal bakal munculnya bad sector.

Jika masih ada garansi dan nilai Raw bagian ini besar (biasanya ditandai dengan warning), sebaiknya diusahakan untuk di tukar dengan yang baru. Jika ingin mencoba sendiri, bisa dimulai dengan Check disk (ChkDsk), full format dan langkah seperti yang pernah saya ulas di tulisan saya tentang Pengalaman mengatasi Masalah Bad Sector Hardisk.

Itu hanya beberapa penjelasan atribut yang ditampilkan SMART (karena masih ada atau banyak atribut lainnya). Meskipun nilai dari SMART tidak bisa menjadi jaminan 100%, tetapi bisa menjadi indikasi awal permasalahan.

Nah, dari informasi yang bisa kita lihat, dalam kasus hardisk saya, itu terlihat masih wajar dan tidak begitu bermasalah, dan tentu saja error dihardisk itu tidak bisa diperbaiki dengan software, krena hardisk adalah bentuk hardware(fisik), jadi informasi yg kita baca dari SMART adalah untuk antisipasi kerusakan hardisk kita. oke segitu aja dulu semoga bermanfaat, silahkan share agar yang lain juga tau … Terima kasih sudah berkunjung …

Sumber: [Analisa lebih detail kondisi Hardisk melalui SMART – ebsoft] is good,have a look at it! http://ebsoft.web.id/analisa-lebih-detail-kondisi-hardisk-melalui-smart/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.