Cara Mudah Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh pada Smartphone Android dengan cara Menganalisa & Membersihkan File Sampah Secara Menyeluruh.


Baiklah, kali ini saya ingin berbagai bagaimana menganalisa file apa saja yang menyebabkan penyimpanan ponsel menjadi penuh.

Tujuan menganalisa file tersebut akan memudahkan kita mengetahui file apa yang membuat ruang penyimpanan penuh dan bagaimana membersihkannya.

Bagi orang awam jika kepenuhan ruang penyimpanan sering kali langsung menghapus beberapa foto dan video yang ada digaleri, padahal penyebab penuh ruang penyimpanan tidak selalu karena foto dan video tapi ada juga beberapa file seperti:

  • Cache
  • Thumbnail
  • Log file
  • Config files
  • Temp files (file sementara)
  • Saved pages dari browser
  • Dalvik cache
  • Hidden files dari aplikasi sosial media maupun online shop
  • Database backup dr aplikasi chat sperti whatsapp dan lain sebagainya

Nah file² diatas inilah yang sering kali dijumpai membuat ruang penyimpanan penuh.

Jadi jangan buru² menghapus foto dan video berharga teman², kita analisa saja dulu permasalahannya. Jika ternyata file sampahnya sudah kosong barulah kita boleh menghapus foto dan video yang kurang berharga.

Tapi alangkah baiknya jika memiliki komputer/laptop kita backup saja data penting dari ponsel ke laptop untuk menambah ruang penyimpanan diponsel kita tanpa harus kehilangan data tersebut.

Baiklah, skrang kita langsung saja bahas.

Yang pertama, download dulu aplikasinya dari playstore, gratis nama aplikasinya CX File Explorer, berikut tampilannya

Setelah selesai terpasang bukalah aplikasinya, maka akan tampil seperti berikut, gambar dibawah ini adalah tampilan awal aplikasi cx file explorer

Selanjutnya kita klik tombol Analyze / Analisa yang saya lingkari pada gambar diatas, maka akan tampil hasil analisanya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

Nah, perhatikan gambar diatas, yang saya lingkari berwarna orange itu adalah hasil analisa file sebelumnya, sedangkan yang saya lingkari hijau itu adalah file sampah dari cache aplikasi. Kita hapus saja cache tersebut dengan mengklik tombol Clear.

Dari proses diatas maka, cache akan dihapus dan ruang penyimpanan akan bertambah, perhatikan gambar dibawah ini

Setelah menghapus cache kita kembali kehasil analisa tadi lalu klik more untuk mengetahui lebih rinci / detail file apa saja yang membuat ruang penyimpanan penuh, seperti ini tampilan hasil analisa file

Sampai sini sudah faham maksudnya?

Jadi pada tampilan aplikasi diatas menunjukkan bahwa file dengan kapasitas besar diurutkan dari yang terbesar ke terkecil, maka kita hanya perlu memeriksa setiap folder yang terbesar dan menghapusnya apabila itu adalah file yang tidak penting.

Bagaimana mengetahui file itu penting atau tidak?

Caranya mudah, setiap folder cache, folder backup, folder log, folder thumbnail, folder temp, folder hidden, folder advert, file .bak, file .tmp, file .bkp , file .thumbnail file .log , file .cache , silahkan hapus…

Selain folderdan file diatas jika belum berpengalaman jangan coba² dihapus, itu saja yang perlu.

Nah demikianlah cara melegakan ruang penyimpanan yang penuh dengan cara menganalisa dan melakukan pembersihan menyeluruh.

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan dengan teman² agar banyak yang tahu, terima kasih sudah berkunjung ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.