Cara Mengatasi “Adminer does not support Accessing a Database Without Password”


Halo guys, siang ini saya ingin membagikan tips terkait seeikit permasalahan ketika menggunakan aplikasi Management Database seperti Adminer.

Pertanyaannya, Kalo bermasalah Mengapa pakai Adminer? Kan ada PhpMyAdmin, Sequel, HeidiSQL, SQL Workbench, dll dengan tampilan antar muka yang lebih menarik dan mudah dipahami.

Baiklah, boleh juga jika ada yang menyatakan begitu, dan tidak salah sama sekali, tampilan mereka memang lebih menarik, mudah dipahami dan mungkin juga fitur lebih lengkap, tapi sebagian orang ada yang butuh efisiensi waktu, ada sebagian orang yang tidak perduli dengan tampilan tapi lebih kepada performance yang bisa memberikan hasil pemrosesan lebih cepat, nah adminer ini adalah salah satunya.

Adminer hanya berukuran sekitar 100 KB (single bahasa) – 300 KB (multi bahasa) dan kode pada adminer itu hanya ditulis dalam satu file saja, tentu ini menguntungkan, karena pembacaan data menjadi lebih ringkas dan efisien.

Dari segi tampilan adminer sangat sederhana, tapi dari segi fungsi sudah lebih dari cukup, Adminer bisa melakukan Create, Read, Update, Delete, Manage, Import, Export, User Privelege, Trigger, Relation, dan lain sebagainya, intinya sudah bisa memenuhi keperluan kita untuk memanajemen sebuah database.

Oke kembali pada tulisan diawal tadi, permasalahan yang terjadi adalah Adminer tidak mengizinkan User login kedatabase tanpa User Password, dimana biasanya pada PhpMyAdmin kita biasa mengosongkan bagian User Password, nah di Adminer itu dilarang, walaupun sebenarnya ada juga plugin tambahan yang diberikan oleh Adminer untuk bisa akses database tanpa user, tapi dengan konfigurasi dan pengaturan yang sedikit lebih rumit.

Maka artikel ini saya tulis untuk memudahkan cara tersebut dengan metode ubah logika keamanan dari kode yang ditulis oleh Adminer itu sendiri.

Kita akan mengubah value dari logika keamanan loginnya, dimana dalam logika Adminer masih sederhana, yakni Jika password yang dimasukkan user adalah password database maka akses diizinkan, sebaliknya ditolak.

Logikanya a =1 , if (a !=1) { access_granted =0; else access_granted=1; }

Nah dari skema logika diatas kita hanya perlu mengubah variable dan value dari parameternya sesuai yang kita tulis, kita tentukan sendiri variabel dan valuenya.

Nah, cukup untuk penjelasannya mari kita kembali pada permasalahannya, berikut adalah penampakan permasalahan yang ada pada adminer

Error akses database tanpa password

Buka file adminer.php lalu perhatikan kode pada bagian login, dicontoh ini terdapat pada baris ke 1562, kalian sesuaikan aja dengan punya kalian, perhatikan kode yang saya beri komentar.

File adminer.php sebelum diedit

Selanjutnya kita akan ubah alur logika program ketika login, jadi intinya tu sama sperti mengganti jenis kunci pintu, sementara pintunya tetap sama, jadi ibarat kita tidak bisa buka kunci pintu, lalu kita ubah kuncinya sesuai yg kita punya. Atau kalau kalian ngerti tentang ByPass, nah seperti itulah konsepnya.

Selanjutnya perhatikan logika login program yang saya ubah dibawah ini, sesuaikan dengan yang saya buat ini.

Berikut syntaxnya

* some code before *

login($_e, $E) { if (1==1)

* Next code after *

Nah setelah itu simpan file adminer.php yang sudah diubah tadi, dan kita coba login kembali, harusnya sudah tidak ada permintaan password lagi untuk akses login.

Yaps berhasil……. sekarang kita sudah bisa akses Adminer tanpa password. Simple kan?

Nah demikian cara ByPass login di Adminer, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung 😊😊😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.