Optimalisasi Kinerja Laptop Berdasarkan Penggelut Dunia IT


Malem ini saya mau berbagi tips untuk memaksimalkan fungsi laptop khususnya yang memiliki OS Windows. dalam tips kali ini saya akan share seputar bagaimana memaksimalkan OS itu sendiri dengan cara upgrade system, update drivers, konfigurasi system dan instalasi beberapa software 3rd yang dapat membantu memaksimalkan fungsi laptop temen-temen sekalian. kebetulan saya adalah seorang penggelut dunia IT, jadi standarisasi yang saya tulis disini sepenuhnya bukan dari buku atau menurut para ahli, jadi ini berdasarkan pengalaman saya pribadi sebagai penikmat teknologi terbarukan sejak saya masih duduk dibangku MTs (Setara dengan SMP). Ide tulisan ini berawal dari permasalahan yang sering muncul pada orang kebanyakan, seperti kalangan pelajar, mahasiswa bahkan pegawai pada kantor-kantor dinas pemerintahan. permasalahan tersebut meliputi:

  1. Komputer/Laptop saya kok lelet dan sering hang ya?
  2. kenapa laptop saya bisa terkena virus ya?
  3. kalau mau ubah mp4 jadi mp3 gimana ya?
  4. Pemutar musik/video yang bagus apa ya?
  5. antivirus yang bagus apa ya?
  6. aplikasi yang wajib ada dilaptop apa ya?
  7. software untuk edit foto apa ya?
  8. aplikasi untuk mempercepat kinerja laptop apa ya?
  9. dan banyak lagi pertanyaan seputar bagaimana seharusnya laptop itu bisa optimal.

Nah, dalam tulisan ini saya akan menjawab semua permasalahan itu, baiklah langsung saja bagaimana agar laptop kalian optimal berdasarkan fungsi atau kegunaan berdasarkan kebutuhan anda sehari-hari. baik untuk kalangan orang IT maupun bukan. berikut akan saya ulas dari hal dasarnya yaitu dari Operating System itu sendiri sampai nantinya tentang instalasi 3rd Party Software.

silahkan simak dengan baik, semoga dapat bermanfaat dan tidak lagi bingung bagaimana mengoptimalkan kinerja laptop kalian dirumah.

Pertama, yang harus kalian lakukan adalah meng-upgrade operating system kalian ke versi terbaru (saya pribadi menggunakan Windows 10 Build 1709 versi terbaru dari windows 10). kalaupun kalian pakai windows 7 / 8 / 8.1 . pastikan selalu diupdate keversi terbaru, karena update system dapat memperbaiki bug bug system operasi pada laptop kalian, dengan adanya update juga akan memperbaiki kinerja menjadi lebih baik dari sebelumnya. itulah gunanya update. jika ada yang berkata “gak ada gunanya diupdate, toh tampilan tetep gitu-gitu aja, gak ada perubahan”.  kalau yang berkata begitu abaikan saja, karena update system itu bukan sekedar soal tampilan / visualisasi interface tapi update itu ialah perbaikan bugs yang terjadi pada OS kalian selama kalian gunakan. setiap error akan dicatat dalam log windows error reporting, nanti log itu akan direkap oleh pihak microsoft untuk diperbaiki pada update selanjutnya.

Kedua, rajinlah dalam maintenance (perawatan) laptop kalian baik dari segi sisi hardware maupun software

Hardware ==> sering2 bersihkan bagian port USB, Charger, HDMI, VGA, LAN, dan ventilasi udara kipas, juga pada monitor/lcd laptop kalian juga harus sering dibersihkan, selain menjaga kebersihan itu juga dapat mengurangi debu masuk kedalam keyboard jika sering dibersihkan. dan perlu diingat untuk membersihkan perangkat gunakan benda yang lembut dan aman.

Software ==> sering2 update aplikasi apapun yang terinstall pada laptop kalian tak perduli aplikasi apapun itu, update-lan secara rutin jika update-annya sudah tersedia. update software meliputi drivers, aplikasi multimedia, aplikasi utility, security, office, misc, dan lain sebagainya. intinya update semua aplikasi dilaptop kamu mengikuti versi paling baru.

Ketiga, Maintenance Hard Drive secara berkala minimal sebulan sekali dan disarankan seminggu sekali, maintenance drive itu meliputi:

  1. Disk Clean Up (Bawaan windows sudah ada, atau menggunakan 3rd App yaitu CCleaner, Advanced System Care, dsb)
  2. Defragment Disk (Bawaan Windows sudah ada, atau pakai aplikasi iObit Smart Defragler / Auslogic Defragment)
  3. Registry Defragment (pakai aplikasi CCleaner)
  4. System Cleaner ( pakai aplikasi CCleaner )
  5. Organize Based Associate Files (organisir file berdasarkan jenis  ekstensi/format filenya)
  6. Check Healthy Disk, cek kesehatan disk melalui S.M.A.R.T application ( menggunakan aplikasi HD Sentinel Pro)
  7. Hindari mengcopy data dalam ukuran besar sekaligus, contohnya mengcopy data sebesar 50 GB atau lebih dalam satu waktu. itu akan membuat hardisk bekerja lebih keras.
  8. Hindari bermain game kualitas tinggi jika laptop kalian bukan laptop khusus gaming, jadi sebaiknya jangan bermain game berlebihan pada laptop standart kalian, usahakan pisahkan antara laptop pekerjaan dengan laptop untuk bermain. jika kalian tak punya laptop khusus gaming, usahakan kurangi karena itu hanya akan membuat hardisk maupun memori jadi cepat rusak.
  9. Jika kalian bekerja pada bidang desain grafis yang lumayan kompleks seperti membuat 3D modelling, renderring video, editing foto menggunakan photoshop atau corel draw, mendesain fashion menggunakan marvelous designer dan lain sebagainya yang membutuhkan spesifikasi hardware tinggi, usahakan jangan terlalu memaksakan kinerja laptop untuk mengerjakan tugas seberat itu, jadi usahakan pakai laptop sesuai kebutuhan dan kesanggupan laptop itu sendiri. jika kamu tetep maksain laptop standart untuk ngerjain hal2 berat ya tanggung sendiri sudah.
  10. Hindari mencolokkan USB Storage yang terinfeksi virus ke laptop, itu dapat menyerang file system kamu, yang mana itu dapat menyebabkan laptop kamu jadi lemot dan sering hang. pastikan laptop kamu sudah update database antivirusnya agar jika ada virus bisa teratasi. dan gunakanlah antivirus bawaan windows saja seperti windows defender, windows security essentials. cukup antivirus bawaan tetapi setiap hari update rajin.

Keempat, Instalasi Software Pendukung kinerja System Operasi

software pendukung system meliputi:

  1. Java JDK dan Java JRE (www.java.com dan http://www.oracle.com)
  2. .NET Framework (aktifkan melalui CPanel windows di menu Programs and Features)
  3. C++ Visual Redistribute Environment (Biasanya sudah ada otomatis ketika melakukan intalasi software terkait yang basis programnya C++)
  4. Python Environment (sama seperti C++)

Kelima, Instalasi software sesuai kebutuhan bidang/pekerjaan kamu, berikut akan saya jelaskan software apa saja yang dibutuhkan berdasarkan beberapa bidang yang akan saya jelaskan dibawah ini:

Multimedia:

  1. Adobe Photoshop CC 2018
  2. Adobe Premier CC 2018
  3. Adobe After Effects CC 2018
  4. Adobe Auditon CC 2018
  5. Adobe Lightroom Classic 2018
  6. Adobe Ilustrator CC 2018
  7. Adobe InDesign CC 2018
  8. Adobe Flash Professional 2018
  9. Corel Draw X10
  10. Corel Video Studio X10
  11. Pinnacle Studio 21 Ultimate
  12. Format Factory
  13. Image Resize
  14. Photo Optimizer
  15. Audacity
  16. Music Bee
  17. FL Studio 12
  18. Ableton Suite Live
  19. SketchUp 2018
  20. AutoCAD (tergantung kebutuhan product autocad banyak skali)
  21. Media Player Classic
  22. Spotify
  23. Marvelous Designer
  24. 3D Blender
  25. Dan lain-lain

Programming / Enginerering:

WebServer:

  • XAMPP
  • WAMPP
  • LARAGON

 

Editor IDE Programming:

  • Visual Studio
  • Android Studio
  • Xamarin
  • Sublime Text 3
  • Visual Code Studio
  • Notepad++
  • PHP Storm
  • Eclipse
  • Netbeans 8
  • MatLab

Console:

  • Git
  • ConEmu
  • Bash
  • Composer
  • Heroku

 

berhubung sudah malam, saya sudah ngantuk.. besok saya lanjutkan lagi…. ^_^

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.