Web Server Pack (Nginx, MariaDB-MySQL) by LARAGON


Oke kali ini saya mau share sebuah Tools Web server, kalo sebelumnya dari kita sudah terbiasa dengan xampp/lampp/mamp/wamp, dengan paket bundling didalamnya terdapat apache sebagai web servernya dan mariaDB(MySQL) sebagai database engine, maka kali ini saya akan share tentang web server nginx, dimana pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang WTServer yang sudah include didalamnya web server NGINX, namun kali ini saya akan share Tools Web Server yang lebih familiar dikalangan programmer untuk web server NGINX, kalo ada yang belum tau apa itu NGINX, monggo dibaca disini.

langsung aja ya… jadi Tools Web Server dengan NGINX dan MariaDB ini nama aplikasinya adalah LARAGON. LARAGON ini cukup mudah dipakai, kalau ada diantara kalian yang ingin nyobain web server NGINX dan udah bosen pake apache atau sekedar iseng pingin tau seperti apa NGINX itu. monggo cicipi LARAGON ini, tinggal pencet tombol Start, service yang ada pada web server akan dijalankan, untuk letak root webnya ada di folder www. berikut penampakannya

laragon

cara menggunakannya cukup mudah, tinggal tekan saja tombol StartAll, maka semua service apache dan mariaDB akan jalan dengan sendirinya, cara buka webnya seperti biasa, akses localhost/{direktori aplikasi web}

dan untuk download aplikasinya langsung aja unduh disitus  resminya disini

ya segitu saja, semoga bermanfaat ..

Sumber: Laragon.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.