Cara Mudah Install WebServer Nginx, PHP, MySQL, MariaDB dengan WTServer di Windows


Hi Guys, dihari sabtu yang cerah ini saya kepikiran mau bagi tips alternatif untuk bikin web server yang powerfull, kalo selama ini mungkin kalian sudah terbiasa dg yg namanya xampp, apache, wamp, lampp, nah kali ini saya mau share pngetahuan seputar webserver yang low size tapi tetep powerfull, namanya nginx. yang belum ngerti apa itu nginx, silahkan baca-baca dulu disitus resminya di nginx.org. karena saya harap pembaca yang kebetulan nyasar disini memang lagi nyari alternate install nginx untyuk windows. dan saya asumsikan pembaca sudah pada ngerti perbedaan nginx vs apache (xampp, wamp, lampp).

Ohya guys, install nginx tu ribet ternyata, butuh konfigurasi ini itu, dan harus install manual php dan database engine-nya, beda sama xampp, yang mana kalian tinggal install xampp, udah langsung bisa pakai webserver, php dan mysql, ya kan guys?  tapi harus di start dulu xampp control panel-nya.

Nah, ternyata nih guys, dari keribetan konfigurasi manual nginx, php, mysql tadi tu. ada aplikasi yang ngebantu kita biar ngga perlu lagi ribet2 konfigurasi. nama aplikasi ini WTServer.

eitz, tapi tips ini hanya berlaku untuk Windows aja ya guys, untuk linux dan MacOS, nyusul yaa… hehe ….

nah, oke dah langsung aja check it out.

jadi dengan aplikasi ini kita akan punya Control Panel Server kayak di Xampp. tinggal klik start aja, keren kan ?

check dan langsung download disini

oke segitu aja dulu, semoga bermanfaat ya guys ….. 

Source: WTServer

3 thoughts on “Cara Mudah Install WebServer Nginx, PHP, MySQL, MariaDB dengan WTServer di Windows

  1. cara makenya gimana ya gan? udah install terus localhostnya juga bisa. tapi kok bingung buat munculin db di webnya ya. *Sebenarnya bingung dibagiian ini nih, kalo xampp kan filenya di htdocs, nah kalo wtserver dimana ya gan? di www? tapi kok saya belum berhail ya gan. tolong pencerahannya, hehe trims

    Like

    • maaf baru bales nih sob, iya sob di www letak aplikasi web kita.
      ohya, ada solusi lain untuk make NGINX Server selain WTServer, namanya laragon lihat aja dipostingan saya mas tentang laragon,
      laragon ini mirip dengan xampp tinggal klik aja.
      bedanya kalo laragon pake nginx server, kalo xampp pake apache
      kunjungi postingan saya tentang web server nginx untuk windows disini

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.